Friday, January 9, 2015

Dongeng dari Taiwan

KOTAK AJAIB

Oleh Endang Firdaus

Seorang petani miskin menggali sebuah lubang di kebunnya dan menemukan sebuah kotak besar. Ia membawanya kotak itu ke rumah dan memperlihatkannya pada istrinya.
Istri si Petani membersihkan kotak itu lalu menyimpannya. Suatu hari, ia memasukkan sebuah apel ke dalam kotak itu. Seketika kotak itu penuh dengan apel. Banyak sekali dan tidak pernah habis walau telah diambil berkali-kali. Si Petani dan istrinya mengumpulkan apel-apel itu dan menjualnya, sehingga mereka dapat hidup berkecukupan.
Si Petani lalu memasukkan sebuah uang logam ke dalam kotak itu. Tiba-tiba apel pun lenyap dan kotak itu segera dipenuhi dengan uang logam. Setiap hari, si Petani dan istrinya mengumpulkan beratus-ratus uang logam dari kotak itu. Mereka pun menjadi kaya.
Ayah si Petani tinggal bersama si Petani dan istrinya. Ia sudah tidak kuat dan tidak dapat bekerja. Si Petani menyuruhnya membantunya mengeluarkan uang dari kotak itu. Si Ayah melakukan. Ketika ia merasa letih dan ingin beristirahat, si Petani berkata, “Huh, orang tua pemalas! Baru bekerja segitu saja sudah mau istirahat! Ayo, terus bekerja lebih keras!”
Si Ayah tidak berkata apa-apa. Ia meneruskan pekerjaannya, sampai ia terjatuh ke dalam kotak itu dan mati. Seketika uang lenyap dan kotak itu dipenuhi tubuh-tubuh kaku ayah si Petani.
Si Petani harus mengeluarkan tubuh-tubuh itu dan menguburkannya. Akibatnya ia harus mengeluarkan semua uang yang telah dikumpulkannya. Ketika ia telah menghabiskan semua uang, kotak itu pecah. Maka si Petani tetap hidup miskin seperti semula.

No comments:

Post a Comment