Monday, August 11, 2014

Dongeng dari Cina

Snowsicle Glossy Lipstick: Lime Crime Snowsicle is a magical unicorn inspired clear gloss packed with rainbow. Glossy Lipstick aka Carousel Gloss, is intense liquid lip color loaded with pigment and sparkle.
Find this cool stuff here: http://zocko.it/LCmb5

FU SEN MENDAPAT PELAJARAN

Oleh Endang Firdaus

Fu Sen menghempaskan tubuhnya ke tempat tidur. Kamarnya terang benderang bak siang. Di lantai, buku-buku berserakan. Fu Sen memperhatikan kesal buku-buku itu.
Fu Sen bangun. Ia lalu berjalan hilir-mudik di kamarnya. Tangan kiri dimasukkan ke kantung celana. Tangan kanan menarik-narik rambut. Fu Sen seperti tengah putus asa. Lalu, penuh marah, disepaknya buku-buku.
“Aku tak mau belajar lagi! Aku tak mau lagi membaca buku!” Fu Sen memaki dalam hati. “Akan kubakar semua buku besok!”
Fu Sen mematikan lampu. Ia lalu keluar kamar. Dibantingnya pintu keras-keras. Fu Sen melangkah ke halaman, lalu pergi ke jalan. Sementara mulutnya mengomel tidak menentu. Saat itu dini hari. Suasana begitu senyap. Tak ada orang lalu-lalang. Fu Sen melihat satu benda hitam di bawah tiang lampu jalan.
Fu Sen menghampiri. Langkahnya cepat. Fu Sen menemukan seorang perempuan tua berpakaian penuh sobek di sana-sini. Perempuan tua itu tengah menggaruk-garukkan tangannya di atas sebuah batu. Fu Sen merasa heran. Tanyanya, “Nek, apa yang sedang Nenek lakukan di malam sunyi begini di sini?”
Tanpa menoleh dan terus melakukan pekerjaannya, perempuan tua itu menjawab, “Aku sedang mengasah paku agar menjadi jarum untuk menjahit pakaianku yang sobek-sobek ini.”
Fu Sen mengernyitkan dahi. “Membuat jarum dari paku?” gumamnya. Tiba-tiba ia merasa malu pada dirinya sendiri. Perempuan tua itu begitu gigih untuk menjadikan sebuah paku menjadi jarum untuk menjahit pakaiannya yang sobek-sobek. Ia melakukannya tanpa keluh-kesah. Sementara ia?
Fu Sen cepat pulang. Ia masuk ke kamarnya. Dinyalakannya lampu. Dipungutnya semua buku dan meletakkannya di meja. Ia lalu mulai membaca penuh tekun. Fu Sen yang hampir putus asa akhirnya menjadi seorang profesor yang sangat termashur di Negeri Cina.

No comments:

Post a Comment