Thursday, November 13, 2014

RUMAH BACA KAMPUNG GINTUNG


Oleh Endang Firdaus


Sudah lima tahun saya mengelola blog ini. Blog yang saya beri nama ‘RUMAH BACA KAMPUNG GINTUNG’ ini dibuat untuk mengawali berdirinya rumah baca yang akan ada di kampung saya, Kampung Gintung Desa Banjarsari Kecamatan Anyer Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Blog terus berjalan sampai sekarang. Dari tampilan awal yang sangat sederhana kini sudah mulai enak dipandang mata. Dari tidak ada iklan sama sekali, kini sudah dibanjiri iklan. Hingga kini pengunjung yang menikmati blog sudah mencapai 40.000 lebih. Pengunjung-pengunjung itu tak hanya datang dari dalam luar negeri, tapi juga datang dari negeri-negeri lain seperti Malaysia, Timur Tengah, Cina, Amerika Serikat, Kanada, dan lainnya.
Namun, perjalanan blog yang lumayan bagus tak diimbangi dengan perjalanan rumah baca. Keberadaan rumah baca jalan di tempat. Artinya, dari awal dibuka tak mempunyai gedung hingga kini pun tak mempunyai gedung. Meski begitu, sumbangan buku-buku bacaan terus mengalir dari para donatur. Hingga kini lebih kurang seribu buku lebih dimiliki rumah baca. Keberadaan rumah baca masih di rumah saya, dari mulai dibuka sampai sekarang.
Sebagai pengelola, saya sudah pontang-panting mencari dana untuk bisa mewujudkan berdirinya gedung buat rumah baca. Saya sudah menyiapkan tempat di tanah kosong di samping rumah. Saya sudah memposting kegiatan penggalangan dana untuk hal ini di media-media social, tetapi belum seorang pun terketuk hatinya untuk mau membantu. Beberapa bulan lalu ada seorang teman dari Jakarta mau membantu, bahkan teman saya itu sempat datang ke tempat tinggal saya untuk melakukan survey lokasi. Saya senang sekali. Apalagi anak-anak di kampung saya ketika tahu akan ada yang membuatkan gedung buat rumah baca mereka. Sayang, hingga kini belum ada kabar kelanjutan dari teman saya itu. Saya dan anak-anak di sini masih harus bersabar untuk bisa memiliki gedung buat rumah baca kami. Kami akan terus berusaha dan tak henti berdoa.
Dengan postingan ini, berharap akan ada yang tergerak hatinya untuk mau membantu saya merealisasikan mimpi anak-anak di sini mempunyai gedung buat rumah baca mereka, tempat mereka menambah pengetahuan untuk mencapai hidup yang cerah di masa depan.

No comments:

Post a Comment